Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, July 14, 2014

Sabda Hidup

Selasa, 15  Juli 2014
Peringatan Wajib St. Bonaventura
warna liturgi Putih
Bacaan:
Yes. 7:1-9; Mzm. 48:2-3a,3b-4,5-6,7-8; Mat. 11:20-24. atau dr RUybs.  BcO Ayb. 3:1-26

Matius 11:20-24:
20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: 21 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. 22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. 23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. 24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

Renungan:
Ketika membaca bacaan ini bayangan saya sangat sederhana. Kalau tidak pas tidak usah dipakai. Saya membayangkan sebuah keluarga dengan dua orang anak. Pada yang seorang sang bapak memberikan banyak hal, pada yang lain dia tidak begitu memperhatikan. Suatu kali keduanya melakukan kesalahan yang sama. Sang ayah pun menegur mereka. Yang jarang diperhatikan langsung meminta maaf. Sebaliknya yang sering diperhatikan malah menyampaikan aneka tuntutan baru dan alasan-alasan. Kesannya dia selalu merasa kurang dan kebaikan-kebaikan yang diterima tidak dirasakan.
Khorazim dan Betsaida adalah wilayah yang mendapat kasih Tuhan. Namun mereka malah menjauh dari Tuhan. Aneka tanda yang diberikan Tuhan pun tidak segera menggerakkan untuk segera balik pada Tuhan. Andai itu diberikan pada Tirus dan Sidon pasti mereka langsung berbalik pada Tuhan.
Ada banyak tanda kasih Allah dalam diri Putera dan Roh Kudus di sejarah hidup kita. PemberianNya berlimpah-limpah. Namun sayangnya kita sering tidak puas dengan itu dan malah iri dengan milik yang lain. Sikap batin seperti itu akan menyisakan ketidakmampuan menangkap kebaikan yang ada di sekitarnya. Masihkah kita menjadi tidak "peka" akan kasih Allah yang menggerakkan bersatu dengan Dia?

Kontemplasi:
Carilah tempat nyaman. Hadirkan kasih-kasih Allah kepadamu.

Refleksi:
Sejauh mana kasih Allah menggerakan hatimu untuk selalu mendekatiNya?

Doa:
Tuhan, semoga hatiku tidak membebal. Semoga aku mampu menangkap kasihMu dan selalu tergerak mengasihiMu. Amin.

Perutusan:
Aku akan mengadakan visitasi, berdoa di depan tabenakel, agar makin dekat dg Yesus.

0 comments:

Post a Comment