Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, September 2, 2014

KATAK KERBAU

Semingguan yang lalu, ketika sedang makan pagi, Rama Yadi berkata tentang sesuatu yang Rama Bambang belum jelas apa maksudnya: "Suarane seking kamar kula cetha je" (Dari kamar saya suaranya jelas). Rama Harto menyambung "Kados kebo" (Seperti suara kerbau). Kemudian pembicaraan menjadi asyik antara Rama Agoeng, Rama Giyono, dan Rama Tri Wahyono. Ternyata mereka berbicara tentang bullfrog, salah satu jenis katak, yang baru saja dibeli oleh Rama Agoeng dan dipelihara di salah satu kolam di belakang kamar Rama Harto dan Rama Bambang. Katanya ada 8 ekor. "Kula jan blas dereng nate mireng je" (Saya sama sekali belum pernah mendengar suaranya) kata Rama Bambang yang disahut oleh Mas Fredi "Kamangka kerep mungal" (Pada kerap berbunyi). Rama Bambang baru tahu sekitar empat hari kemudian, ketika makan siang, ketika Rama Agoeng berkata "Nah, nika kodhoke muni" (Nah itu si katak berbunyi). "Oooo, niku ta? Kok Rama Harto ngandika kaya kebo" (Oooo, itu ta? Mengapa Rama Harto bilang seperti suara kerbau) kata Rama Bambang yang langsung dijelaskan oleh Rama Agoeng "Bull rak Basa Inggris sing artine kebo" (Bukankah bull adalah Bahasa Inggris yang berarti kerbau) dan disambung oleh Rama Giyono "Utawa sapi lanang" (Atau sapi jantan). Rama Bambang jadi geli karena sebelumnya dia mengira itu suara knalpot motor dari kejauhan yang beberapa kali digas.

Hari ini, Senin 1 September 2014, Rama Bambang mencoba tahu dari internet apa itu bullfrong. Dari anneahira.com didapatkan penjelasan bahwa bullfrog sama dengan katak hijau. Ketika hal ini ditanyakan dalam makan pagi Rama Giyono mengatakan "Ning bullgrog kuwi kodhok ijo jenis gedhe" (Tetapi bullfrog adalah katak hijau jenis besar). Karena Rama Agoeng tidak ikut makan, sesudah makan Rama Bambang mengadakan sambung BBM dengan Rama Agoeng. "E, rama, ndak bullfrog niku kodhok ijo? Teng internet kok ngaten" (Rama, benarkah bullfrog itu katak hijau? Dalam internet kok dijelaskan begitu). "Kodhok besar yang untuk dimakan. Mbokmenawi dipadakaken kaliyan kodok ijo (kategori jawa)" (Itu katak besar untuk dimakan. Barangkali disamakan dengan katak hijau dalam kategori  Jawa). "Ning sami-sami ngge swike ta?" (Tetapi sama-sama untuk swike ta?). "Saged Rama" (Bisa Rama). "Rama Giyono ngandika kodhok ijo ageng" (Rama Giyono bilang itu katak hijau besar). "Hahahaaa, saget. Mung asale ketingale benten" (Hahahaaa, bisa. Tetapi lain tanah asalnya). "Ndak saking Kanada?" (Apakah dari Kanada?). "Kirang mangertos je hehehee" (Saya kurang tahu hehehee). "Mangke kula taknyobi madosi saking bbrp artikel" (Coba nanti saya cari dari beberapa artikel). Rama Agoeng akhirnya menulis "Sipppp". Dan ketika Rama Bambang membuka wikipedia.org berkaitan dengan bullfrog Amerika diketemukan kalimat "The American bullfrog (Lithobates catesbeianus), often simply known as the bullfrog in Canada and the United States, is an aquatic frog, a member of the family Ranidae, or “true frogs”." Ada juga ditulis "The cane toad (Rhinella marina), also known as the giant neotropical toad or marine toad, is a large, terrestrial true toad which is native to Central and South America, but has been introduced to various islands throughout Oceania and the Caribbean as well as northern Australia".


0 comments:

Post a Comment