Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, October 19, 2014

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Senin, 20 Oktober 2014

Lukas 13:10-17

13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.
13:11 Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.
13:12 Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh."
13:13 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.
13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat."
13:15 Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?
13:16 Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?"
13:17 Dan waktu Ia berkata demikian, semua lawan-Nya merasa malu dan semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, para pimpinan, pengurus, dan penggerak agama amat memperhatikan dan menjaga terjaminnya pelaksanaan tata aturan dan tata cara hidup keagamaan. Mereka memandang semua itu sebagai upaya menjaga kemurnian umat beriman.
  • Tampaknya, para pimpinan, pengurus, dan penggerak agama akan menjaga umat agar tidak keliru dalam praktek keagamaannya. Mereka akan dengan tegas menegur umat yang melanggar tata keagamaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa pada umumnya orang yang terlalu ekstrim menjaga tata aturan agama dan galak terhadap kelemahan umat adalah orang-orang yang tak sadar bahwa dia juga pelanggar aturan yang dijaganya sehingga menjadi golongan kaum munafik. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung orang akan menjaga segala tata kehidupan bersama berlandaskan semangat perjuangan kemanusiaan.
Ah, pelanggar aturan agama adalah golongan maksiat yang harus ditindak.

0 comments:

Post a Comment