Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, November 5, 2014

Lamunan Pekan Biasa XXXI

Kamis, 6 November 2014

Lukas 15:1-10

15:1 Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia.
15:2 Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: "Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka."
15:3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:
15:4 "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?
15:5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,
15:6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.
15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."
15:8 "Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?
15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.
15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang akan merasakan kegembiraan besar bila mendapatkan banyak hal yang menyenangkan.  Orang akan merasa sukses bila dalam tugasnya menghadiran akan banyak hasil positif.
  • Tampaknya, orang dapat dikagumi oleh banyak orang lain kalau dapat membuat berbagai macam prestasi. Keberhasilan membuat banyak hal akan membuat orang mendapatkan banyak penghargaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kebaikan dan keluhuran sejati tidak berasal dari pendapatan dan hasil yang besar dan banyak karena itu justru berasal dari kesungguhan dan komitmen seseorang dalam memperbaiki kekurangan dan atau kerusakan yang kecil-kecil. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu cepat memperhatikan kekurangan kecil dan tidak membanggakan banyaknya kebaikan yang dimiliki.
Ah, ngapain ngurus kekurangan sedikit yang tidak merusak citra.

0 comments:

Post a Comment