Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, December 12, 2014

Sabda Hidup

Sabtu, 13 Desember 2014
Peringatan Wajib St. Lusia
warna liturgi merah
Bacaan:
Sir. 48:1-4,9-11; Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19; Mat. 17:10-13. BcO Rut. 3:1-18

Matius 17:10-13:
10 Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" 11 Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu 12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." 13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Renungan:
Murid-murid mengerti siapa yang dimaksud Elia oleh Yesus (bdk Mat 17:13). Bagi mereka Elia itu adalah Yohanes. Ia yang telah menyiapkan segala sesuatu namun mengalami perlakuan yang tidak adil.
Mengenali apa yang dimaksudkan seseorang butuh proses sekaligus tanda-tanda yang jelas. Perjalanan hidup para murid bersama Yesus memampukan mereka mengerti apa yang dimaksud oleh Yesus walau Yesus tidak secara terbuka mengatakannya.
Kita pun mungkin untuk mengenali tanda-tanda yang diberikan Yesus kala kita mempunyai kedekatan denganNya. Kedekatan dengan sabda dan karyaNya akan membuka mata hati kita untuk mengerti apa yang Dia maksud. Maka marilah kita berdekatan denganNya.

Kontemplasi:
Duduklah dalam suasana hening. Ingatlah satu dua kalimat yang disampaikan Yesus. Pahamilah arti dari sabda tersebut.

Refleksi:
Bagaimana caramu untuk mengerti?

Doa:
Tuhan limpahkanlah berkatMu agar aku mampu mengerti yang Kaumaksud dan menjalankan apa yang Kaumau. Amin.

Perutusan:
Aku akan meluangkan waktuku untuk mengenali kehendak Tuhan.

0 comments:

Post a Comment