Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, January 12, 2015

4 CARA SEDERHANA TINGKATKAN KECERDASAN OTAK

Apa yang bermanfaat untuk jantung, bermanfaat juga untuk pikiran.

Senin, 19 Agustus 2013 06:25 dari http://www.life.viva.co.id

Oleh : Wuri Handayani, Tasya Paramitha

Ilustrasi bagian otak. (iStockphoto)

VIVAlife - Seiring bertambahnya usia, banyak orang menghabiskan waktu untuk merawat tubuh agar tetap awet muda. Namun, bagaimana dengan kesehatan otak? Kerusakan sel tubuh juga mampu menurunkan fungsi otak. Biasanya ini ditandai dengan munculnya gejala pikun. Untuk menjaga fungsi kognisi, Anda cukup melakukan beberapa hal sederhana berikut:



Menonton film dokumenter 


Studi yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal PLoS ONE mengatakan bahwa orang-orang yang menonton film dokumenter alam memiliki skor tes kemampuan bahasa yang lebih baik.

Orang-orang tersebut juga dilaporkan memiliki tingkat stres lebih rendah serta kualitas hidup yang lebih baik. Selain film dokumenter alam, para peneliti juga mengatakan bahwa permainan otak seperti games dan teka teki silang juga bermanfaat untuk menjaga ketajaman otak.

Jaga tingkat kolesterol

Dilansir huffingtonpost, sebuah studi di tahun 2009 menemukan fakta bahwa orang-orang berusia 40an dengan tingkat kolesterol tinggi berisiko menderita penyakit alzheimer dan demensia. Menurut para peneliti, apa yang bermanfaat bagi jantung, akan bermanfaat juga untuk pikiran. Untuk itu, Anda perlu menjaga konsumsi makanan terutama makanan dengan kolesterol tinggi.  

Perhatikan kesehatan gigi

Percaya atau tidak, mengunjungi dokter gigi dua kali dalam setahun dan membersihkan karang gigi tak hanya baik untuk gigi. Ini baik juga untuk pikiran. Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan, menunjukkan bahwa kesehatan oral berhubungan dengan penurunan risiko demensia.

Para peneliti melakukan studi pada hampir 5.500 lansia dan menemukan fakta bahwa mereka yang menggosok gigi kurang dari satu kali sehari memiliki risiko terkena demensia 65 persen lebih tinggi dari mereka yang menggosok gigi paling sedikit sekali dalam sehari.

Konsumsi teh hijau

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2012 lalu menunjukkan bahwa teh hijau mampu meningkatkan kemampuan kognitif, terutama bagi para pria. Hal ini karenakan kandungan flavonoid dalam teh yang merangsang bagian tertentu dalam otak Anda.

Sstudi lain juga menyebutkan bahwa teh hijau adalah salah satu bahan alami yang mampu mencegah alzheimer dan bermanfaat bagi otak.

0 comments:

Post a Comment