Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, January 4, 2015

Sabda Hidup

Senin, 05 Januari  2015
St. Carolus Houben,
St. Yohanes Neumann
warna liturgi Putih
Bacaan:
1Yoh. 3:22 - 4:6; Mzm. 2:7-8,10-11; Mat. 4:12-17,23-25. BcO Yes. 61:1-11

Matius 4:12-17,23-25:
12 Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. 13 Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, 14 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: 15 "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain,  16 bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang." 17 Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" 23 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. 24 Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. 25 Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.

Renungan:
Dalam aneka kunjungan pejabat biasanya tempat yang dikunjungi sudah disiapkan. Semuanya jadi tampak baik dan meyakinkan. Pejabat yang datangpun akan tersenyum bangga karena daerah yang dia datangi sudah baik.
Yesus pergi ke Zebulon dan Naftali, "bangsa yang diam dalam kegelapan" (Mat 4:16). Ia mengawali karya kala Yohanes ditangkap di daerah itu untuk menghadirkan terang Allah. Dan kota itu mendapatkan rahmatNya.
Kadang pikiran dan tindakan kita perlu berani keluar dari hal-hal yang telah disiapkan. Yang sudah disiapkan seringkali sudah diskenario sedemikian rupa. Ketika kita berani melihat yang tak disiapkan kita bisa melihat kenyataan dan memberi terang kepadanya.

Kontemplasi:
Bayangkan dirimu berada dalam daerah jahat. Engkau hadir dan menghadirkan terang Tuhan di sana.

Refleksi:
Apa peranmu dalam memberikan terang di lingkungan yang gelap?

Doa:
Tuhan semoga aku mampu membawa terangMu untuk menyinari dunia gelap. Semoga dunia ini bercahaya karena murid-muridMu memancarkan cahayaMu. Amin.

Perutusan:
Aku akan membawa terang Kristus.

0 comments:

Post a Comment