Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, February 21, 2015

Lamunan Pekan Prapaskah I

Minggu, 22 Februari 2015

Markus 1:12-15

1:12 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun.
1:13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.
1:14. Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
1:15 kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, puasa dalam tradisi keagamaan biasa dikaitkan dengan aturan tentang makan dan minum. Berpuasa dalam agama biasa dihayati sebagai tidak menyantap makanan dan minuman padam hari-hari tertentu dan jam-jam tertentu.
  • Tampaknya, puasa dalam tradisi agama juga terjadi dalam bulan tertentu dengan jumlah hari tertentu. Tradisi puasa dalam agama biasa dikaitkan dengan tokoh(-tokoh) tertentu yang menjadi tonggak keberadaan agama bersangkutan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian puasa adalah hidup yang bersedia dipimpin oleh aura kedalaman batin untuk melatih kesediaan diri dalam bentuk konflik dengan hal-hal duniawi yang membahayakan tubuhnya sehingga dalam hidup hariannya terpancar sikap yang jadi cahaya hidup bagi orang-orang yang dijumpainya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan berjuang selalu terbuka pada bisikan-bisikan kedalaman batin.
Ah, puasa itu yang paling pokok adalah tidak makan minum pada jam tertentu.

0 comments:

Post a Comment