Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, May 7, 2015

Lamunan Pekan Paskah V

Jumat, 8 Mei 2015

Yohanes 15:12-17

15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.
15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.
15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
15:17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, hubungan suami-istri bahkan pacaran antara pemudi dan pemuda disebut baik kalau dilandaskan atas kasih. Dengan kasih ada dorongan satu sama lain untuk membangun jalinan bukan karena paksaan.
  • Tampaknya, hubungan itu dianggap berdasarkan kasih kalau didasarkan atas pilihan sendiri. Dengan kasih orang menentukan siapa yang akan dipilih.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian kasih justru datang dari kesadaran bahwa orang tak mampu memilih apapun dan siapapun dari dirinya sendiri sehingga segalanya justru datang dari ketaatannya terhadap pilihan yang datang dari yang menguasai kedalaman batin. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan taat untuk menjalani perintah-perintah yang datang dari suara keheningan yang membuatnya mampu bersahabat dengan siapapun.
Ah, bagaimanapun manusia itu bebas.

0 comments:

Post a Comment