Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, May 10, 2015

Lamunan Pekan Paskah VI

Senin, 11 Mei 2015

Yohanes 15:26-16:4a

15:26. Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.”
16:1. “Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.
16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
16:4 Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.”

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, dengan beragama banyak orang beranggapan hidup selaras dengan kehendak Tuhan. Bahkan ada yang menyakini agama sebagai buatan Tuhan.
  • Katanya, karena Tuhan adalah pemberi hidup keagamaan maka orang dengan beragama dapat yakin menjadi penjaga kebaikan dalam kehidupan kongkret. Untuk menjadi pembawa kebaikan orang akan taat kepada segala hal yang menjadi ajaran dan tatanan keagamaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa tanpa mengenal dan terbiasa bergaul dengan sumber segala kebaikan yang sebenarnya bertahta di kedalaman batin orang dalam beragama justru akan dapat menjadi penentang, penyingkir dan bahkan pembunuh orang-orang baik dan pejuang kebaikan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati agama sebagai tanda dan sarana yang dinamis sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya untuk berhubungan mesra dengan Tuhan dan terbuka pada sesama manusia dan ciptaan lain.
Ah, agama adalah sumber kebaikan yang bersifat kekal dan tidak boleh diubah-ubah.

0 comments:

Post a Comment