Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, May 18, 2015

Lamunan Pekan Paskah VII

Selasa, 19 Mei 2015

Yohanes 17:1-11a

17:1. Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.
17:2 Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.
17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.
17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.
17:6. Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.
17:7 Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu.
17:8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
17:9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu
17:10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.
17:11a. Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya doa dimengerti sebagai ucapan orang yang ditujukan kepada Tuhan. Orang berbicara kepada Tuhan dapat ucapan lisan dan dapat dengan ucapan dalam hati.
  • Tampaknya, untuk berdoa orang harus menyadari situasi dan kondisi diri. Apabila ada dalam keadaan suka orang berdoa syukur dan apabila dalam keadaan berprihatin orang berdoa permohonan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian dan keagungan doa dapat terjadi kalau orang mendengarkan dan merasakan kata-kata kedalaman batin yang muncul berbicara dengan Tuhan tentang Dia, tentang yang berbicara itu, dan tentang orang yang mendengar dan merasakannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menemukan model berdoa pada omong-omongan gaib yang muncul di kedalaman batin.
Ah, doa yang baik itu yang berdasarkan buku-buku yang disediakan oleh agama.

0 comments:

Post a Comment