Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, July 22, 2015

Lamunan Pekan Biasa XVI

Kamis, 23 Juli 2015

Matius 13:10-17

13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?"
13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
13:14 Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
13:15 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
13:16 Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.
13:17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, komunikasi berasal dari kata latin co (bersama) dan municare (tinggal). Dengan berkomunikasi orang siap berada dalam posisi bersama untuk saling membuka dan menerima keterbukaan.
  • Katanya, berkat komunikasi di antara orang-orang bermasalah akan terjalin hubungan akrab dan harmonis. Komunikasi membuat banyak hal yang tidak dipahami menjadi jelas dimengerti.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa seakrab dan sesegar apapun relasi orang dengan orang-orang lain, kesejatian komunikasi selalu berkaitan dengan kebijakan dan keputusan kedalaman batin sehingga kadar keterbukaan informasinya akan ditentukan oleh jauh dan dekatnya hubungan batin orang tersebut dengan pihak-pihak lain. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan memiliki kemampuan alami mengatur pola dan model dalam berhubungan dengan orang-orang lain sesuai dengan kadar hubungan batinnya.
Ah, yang namanya komunikasi baik ya harus blak-blakan.

0 comments:

Post a Comment