Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, July 14, 2015

Lamunan Pesta Wajib

Santo Bonaventura, Uskup dan Pujangga Gereja
Rabu, 15 Juli 2015

Matius 11:25-27

11:25. Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.
11:26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.
11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada anggapan umum bahwa kaum bijak adalah golongan orang yang dapat mengerti hal-hal yang oleh umum kurang dipahami bahkan menjadi hal yang di luar pengertiannya. Kaum bijak menjadi tempat bertanya bagaimana menjadi luhur dalam situasi kongkret.
  • Tampaknya, ada anggapan umum bahwa kaum cerdik pandai adalah golongan orang yang memiliki pengetahuan  jelas dan dapat menerangkan berbagai kenyataan hidup. Mereka menjadi tempat bertanya tentang kebenaran.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sedalam apapun kepekaan kaum bijak dan seluas apapun pengetahuan kaum cerdik pandai, mereka tidak akan merasakan dan memahami keluhuran dan kebenaran hidup tanpa berdekatan bahkan berguru dalam kehidupan kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menemukan mutiara keluhuran dan keutamaan hidup dari kaum kecil.
Ah, bagaimanapun kehidupan kaum kecil amat tergantung dari golongan elite.

0 comments:

Post a Comment